3 Alasan Kenapa Masker Kain Penting untuk Dipakai

  • Whatsapp
3-Alasan-Kenapa-Masker-Kain-Penting-untuk-Dipakai
Foto dari Canva.com Photos Unlimited

Meruntut sejarah, awal mula masker diciptakan untuk menghindari bahaya polusi. Terutama pada daerah yang memiliki tingkat polusi tinggi. Namun, seiring berjalannya waktu, masker pun mulai berkembang sebagai tren fashion. Misalnya, masker kain dengan variasi fullprint yang dapat membuat tampilan Anda lebih berwarna.

Alasan Memakai Masker

Meski dapat digunakan sebagai trend fashion, Anda juga perlu tahu alasan mengapa masker penting untuk digunakan. Terutama saat merebaknya pandemi virus Covid-19 saat ini. Lalu, kenapa masker penting untuk dipakai? Berikut informasinya.

1. Meminimalisir Penyebaran Virus

Umumnya ketika Anda batuk atau bersin, tanpa sengaja pasti mengeluarkan percikan cairan dari dalam mulut. Cairan tersebut bisa saja mengandung virus dan bakteri yang dapat menular. Bahkan ketika berbicara, Anda dapat menyebarkan percikan cairan tersebut. Sehingga, ketika Anda menggunakan masker, penyebaran virus dapat diminimalisir.

2. Menghindari polusi, menangkal kerusakan paru-paru

Kembali pada sejarah awal mula fungsi masker, polusi udara menjadi alasan mengapa masker penting untuk digunakan. Beberapa penyebab polusi udara diantaranya adalah pengeluaran karbon monoksida yang dihasilkan oleh pabrik, kompor gas, dan kendaraan mesin.

Polusi udara dapat mengganggu kesehatan tubuh, salah satunya adalah infeksi saluran pernapasan. Salah satu bentuk kerusakan lingkungan ini dapat menjadi lebih parah jika Anda tinggal di daerah dengan mobilitas kendaraan dan aktivitas pabrik yang tinggi. Partikel halus di udara yang semakin banyak dan tanpa Anda sadari dapat masuk melalui sistem pernapasan dan merusaknya.

Beberapa penyakit yang dapat disebabkan dari polusi udara adalah asma dan bronkitis. Tubuh Anda akan reflek memberikan respon batuk ketika berada di daerah dengan udara yang kotor serta berdebu. Apalagi ketika terpapar asap dari pembakaran.

Untuk itu, memakai masker merupakan sebuah kebiasaan yang penting untuk diterapkan. Terutama jika Anda sering beraktivitas di luar rumah. Jika Anda tidak sakit atau mengalami gejala flu, Anda dapat menggunakan masker kain.  Pilihlah masker fullprint jika Anda bosan mengenakan masker berwarna polos. Tetap sehat dengan tampilan stylish, kenapa tidak?

3. Melindungi wajah dari sentuhan langsung

Wajah merupakan salah satu area tubuh yang sensitif. Selain itu, menyentuh wajah secara langsung dengan tangan yang belum dibersihkan, dapat menyebabkan penularan virus lho. Apalagi jika Anda baru saja memegang benda yang juga digunakan untuk umum.

Virus dapat masuk melalui hidung, mulut ataupun mata. Untuk mencegah risiko penyebarannya, Anda dapat menggunakan masker. Sehingga, ketika reflek memegang wajah, Anda tidak secara langsung menyentuhnya.

Meski masker dapat mencegah Anda memegang wajah secara langsung, pastikan untuk tidak selalu menyentuh bagian permukaan luar masker. Sebab, permukaan luar masker juga dapat membuat banyak virus menempel pada tangan Anda.

Selain itu Anda juga perlu melakukan perawatan masker dengan benar. Apalagi jika Anda menggunakan masker yang dapat digunakan berulang kali. Sedangkan untuk masker sekali pakai, pastikan Anda langsung membuangnya setelah selesai dipakai. Ingat selalu agar Anda tidak menyentuh bagian permukaan masker secara langsung.

Intinya, masker penting untuk digunakan demi perlindungan kesehatan Anda. Gunakan masker kain jika Anda tidak sakit ataupun memiliki gejala flu. Masker jenis ini memiliki variasi yang beragam, diantaranya adalah masker fullprint yang bisa Anda dapatkan secara custom. Namun, jika Anda sakit, gunakan masker bedah karena efektivitasnya yang lebih baik dalam menangkal virus.  Jadi, selalu gunakan masker ketika keluar rumah ya?

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *