4 Tips Memilih Game untuk Anak di Smartphone

  • Whatsapp
4-Tips-Memilih-Game-untuk-Anak-di-Smartphone
Foto dari blackshark.com

Smartphone saat ini telah menjadi kebutuhan semua orang dan semua kalangan usia. Saat ini banyak anak-anak yang juga sudah difasilitasi smartphone oleh orang tua mereka. Kebanyakan anak-anak lebih sering menggunakan smartphone untuk keperluan bermain game. Banyaknya smartphone yang saat ini khusus didesain untuk keperluan gaming seperti Black Shark 3 membuat kegiatan bermain game juga semakin nyaman dan menyenangkan.

Memilih game untuk anak

Walau demikian, sebagai orang tua Anda tetap harus mengawasi ketika anak-anak Anda bermain game di smartphone. Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk memilih game di smartphone bagi anak-anak Anda.

1. Hindari game dengan unsur kekerasan

Ada banyak pilihan game seru yang bisa dimainkan di smartphone, terlebih untuk smartphone gaming seperti Black Shark 3. Namun perlu Anda ketahui tidak semua game dibuat untuk dimainkan semua umur.

Ada beberapa game yang hanya didesain untuk dimainkan orang dewasa karena mengandung unsur kekerasan atau umpatan di dalamnya. Bagi usia anak-anak, hal ini dapat memberi efek buruk karena mereka belum bisa menyaring dan seringkali langsung meniru begitu saja hal-hal apapun yang mereka lihat. Kebiasaan kekerasan ini juga akan memberi dampak psikologis yang buruk bagi anak Anda kedepannya.

2. Pilih game yang memiliki unsur edukasi

Bermain game merupakan aktivitas yang sangat menyenangkan bagi anak-anak karena mereka bisa bermain dan sejenak melupakan kegiatan belajar. Namun biasanya anak-anak seringkali sulit dihentikan jika sudah bermain game sehingga waktu mereka sehari-hari akan lebih banyak dihabiskan dengan cara bermain dibanding belajar.

Agar anak-anak bisa tetap belajar meskipun sering bermain game, Anda sebagai orang tua harus pintar memilih game yang memiliki unsur edukasi bagi anak-anak. Sebelum Anda mengunduh game tersebut di Playstore, pastikan Anda membaca terlebih dahulu deskripsi dan keterangan game tersebut dan melihat cuplikan game yang tersedia di halaman Playstore.

Selain itu, Anda juga bisa mencari review tersebut dari berbagai situs di internet. Setelah Anda mengunduhnya, Anda juga perlu melihat tampilannya terlebih dahulu sebelum membiarkan anak-anak Anda memainkannya.

3. Pilih game sesuai usia

Berbagai game yang ada di smartphone memang bisa dimainkan oleh berbagai usia anak, bahkan ketika anak masih berusia balita. Intinya, Anda harus memilih game yang sesuai dengan usia anak Anda. Jika si kecil masih berusia balita, pilihlah game yang mampu mengasah fungsi motorik otaknya, seperti games puzzle atau menebak warna. Begitu pula ketika anak Anda sudah berusia lebih dewasa. Memilih game yang sesuai dengan usia akan memberi manfaat yang positif bagi perkembangan otak anak.

4. Mencoba untuk memainkan bersama

Memberikan smartphone pada anak dan membiarkannya bermain game bukan berarti membuat Anda bebas tugas dari mengawasi anak-anak Anda. Saat anak-anak bermain game, justru peran Anda lebih dibutuhkan untuk mengawasi bagaimana mereka bermain.

Cobalah untuk mendampingi ketika anak Anda bermain game. Lihat bagaimana game tersebut bermanfaat untuk anak Anda dan lihat apakah game tersebut cocok untuk dimainkan anak Anda. Dengan cara ini Anda juga bisa mengatur kapan si kecil harus berhenti bermain game. Selain memberi pengawasan pada anak, bermain game bersama ini juga bisa menjadi quality time bagi Anda dan si kecil.

Itulah beberapa tips untuk memilih game yang bisa dimainkan anak-anak pada smartphone. Agar pengalaman bermain game bersama anak Anda semakin nyaman, pastikan Anda juga memilih smartphone yang dirancang khusus untuk keperluan gaming seperti Black Shark 3.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *