5 Tips Memilih Timbangan Bayi dengan Kualitas Terbaik Versi SehatQ

  • Whatsapp
5-Tips-Memilih-Timbangan-Bayi-dengan-Kualitas-Terbaik-Versi-SehatQ
Foto dari Canva Pro

Orang tua wajib melakukan pemantauan tumbuh kembang bayi sejak ia dilahirkan. Salah satu caranya adalah dengan memantau berat badan bayi secara berkala. Penimbangan rutin akan membantu orang tua mengetahui seperti apa status kesehatan buah hati. Tak heran jika timbangan bayi dibutuhkan di rumah sebagai alat pemantau bobot tubuh.

Memilih Timbangan untuk Bayi

Banyak produk timbangan yang bisa Anda gunakan untuk mengetahui bobot tubuh bayi secara berkala. Namun demi kenyamanan, pilihlah produk timbangan yang tepat. Berikut adalah 5 tips yang perlu dilakukan saat memilih timbangan yang cocok bagi si kecil:

1. Pilih yang Detail

Belilah produk timbangan yang bisa menampilkan hasil atau angka detail. Hasil penimbangan sebaiknya memiliki nilai yang rinci. Setiap produk timbangan akan menampilkan unit pengukuran berat yang berbeda-beda. Sebaiknya pilih unit pengukuran yang detail sehingga hasil bobot yang diukur akan jauh lebih akurat.

Jika timbangan akan digunakan untuk mengukur berat bayi, maka timbangan dengan unit pengukuran 5 gram sudah dinilai cukup. Timbangan skala ini dinilai cocok untuk membandingkan bobot tubuh setiap bulan bagi bayi yang baru menerima ASI eksklusif. Namun, jika bayi memiliki bobot di bawah rata-rata maka lebih baik gunakan timbangan yang lebih detail dengan unit pengukuran 1 gram.

2. Cari Tahu Kapasitasnya

Sebelum membeli timbangan, cari tahu dulu kapasitas dari timbangan tersebut. Jika ingin digunakan untuk menimbang bayi baru lahir maka kapasitas timbangan yang kecil sudah bisa dipakai. Namun jauh lebih disarankan untuk memilih timbangan yang berkapasitas besar. Jika kapasitas timbangan besar maka bisa digunakan hingga anak bertumbuh besar, artinya daya pakai lebih panjang.

Kapasitas timbangan ini perlu dipahami agar nanti pemakaiannya tidak melebihi kapasitas. Perhatikan bobot minimal dan maksimal yang diterima oleh timbangan. Pilihlah bobot minimal yang kecil yaitu 0 hingga 5 gram serta bobot maksimal yang terhitung besar.

3. Pilih Desain yang Nyaman

Pilihlah produk timbangan bayi yang memiliki desain nyaman. Bayi seringkali akan sulit untuk ditimbang dan biasanya akan rewel. Untuk meminimalkan risiko rewel saat ditimbang maka gunakan produk timbangan yang nyaman. Bagi bayi newborn, perhatikan desain tray yang digunakan. Pastikan bayi akan merasa nyaman saat dibaringkan di tray tersebut.

Selain kenyamanan bayi, pertimbangkan juga kenyamanan operator yang menimbang. Pilihlah produk timbangan yang mudah untuk di-setting dan digunakan. Akan jauh lebih baik jika penggunaan timbangan simpel sehingga proses menimbang lebih cepat jadi bayi tidak akan rewel.

4. Perhatikan Fitur Tambahan

Setiap jenis produk timbangan memiliki penawaran fitur yang beragam. Anda bisa mempertimbangkan fitur-fitur yang tersedia sebelum membeli timbangan tersebut. Pilihlah produk timbangan dengan tambahan fitur yang lengkap dan bermanfaat. Poin terpentingnya adalah fitur yang ada pada timbangan bisa membantu mempermudah Anda dalam menimbang bobot tubuh bayi.

5. Pertimbangkan Harga

Jangan lupa perhatikan juga harga timbangan yang akan dibeli. Harga produk ini di pasaran sangat bervariasi. Temukan produk yang tepat dengan fitur terbaik namun penawaran harganya juga cocok dengan bujet Anda. Tak masalah untuk mencari perbandingan terlebih dahulu hingga menemukan produk yang paling pas dengan kebutuhan dan kemampuan.

Itulah tadi 5 tips memilih timbangan untuk bayi yang paling pas. Anda bisa mencoba membaca rekomendasi maupun review mengenai produk ini lewat layanan SehatQ. Tersedia pula layanan konsultasi mengenai kesehatan anak di sini. SehatQ menyediakan layanan telemedicine yang mempermudah para orang tua berkonsultasi tentang kesehatan anak secara online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *