Info SehatQ, Ini Dia 6 Gangguan Kesehatan yang Mengintai Jika Kamu Kurang Tidur

  • Whatsapp
Info-SehatQ-Ini-Dia-6-Gangguan-Kesehatan-yang-Mengintai-Jika-Kamu-Kurang-Tidur
Foto dari Canva Pro

Masih banyak dari kita yang mengabaikan waktu tidur atau beristirahat di malam hari. Bahkan ada yang merasa tidak bisa tidur sebelum waktu subuh, membalikan jadwal tidur di pagi hingga siang hari. Nah, menurut SehatQ kebiasaan atau rutinitas tidur malam seperti itu sangat tidak disarankan. Bukan hanya mengganggu kualitas tidur saja, tetapi juga mengganggu sistem kerja tubuh. Selain itu, ada banyak akibat-akibat lain yang siap menghantui kita jika mengabaikan jam dan kualitas tidur.

Mengabaikan Jam dan Kualitas Tidur Menjadi Penyebab Utama Turunnya Imun Tubuh

Walau efek atau gejala tidak langsung dirasakan, berikut gangguan kesehatan yang bisa menyerang tubuh karena kurang memperhatikan waktu tidur malam.

1. Terkena Penyakit Berbahaya

Sekitar 80% sampai 90% mereka yang menerapkan pola tidur buruk menyatakan bahwa ada gangguan kesehatan yang mereka rasakan. Gangguan tersebut merupakan gejala dari penyakit berbahaya yang lama-kelamaan dirasakan oleh tubuh. Umumnya masalah ini termasuk pada masalah tidur berupa insomnia.

Beberapa jenis penyakit yang bisa menyerang karena buruknya pola tidur diantaranya penyakit jantung, gagal jantung, serangan jantung mendadak, stroke, diabetes, tekanan darah tinggi, hingga kanker.

2. Turunnya Imunitas dan Daya Tahan Tubuh

Sistem tubuh yang berubah, serta tentu tubuh yang kurang beristirahat otomatis membuat imunitas dan daya tahan tubuh jadi menurun. Mungkin Anda bisa rasakan sendiri bila harus begadang di suatu malam, keesokannya kemungkinan besar tubuh terasa lemas, nyeri, sampai demam. Penurunan imun dan daya tahan tubuh ini cukup berbahaya karena membuat tubuh mudah terserang virus dan bakteri.

3. Menurunnya Kemampuan Mengingat

Merasa akhir-akhir ini mudah lupa? Salah satu efek buruk dari mengabaikan tidur malam ini adalah penurunan kemampuan mengingat. Ini juga jadi alasan mengapa anak-anak dan remaja tidak disarankan begadang. Selain mengganggu kesehatan tubuh, akan menurunkan daya ingat yang tentu mengganggu masa tumbuh kembang.

4. Mengalami Penuaan Dini

Penuaan dini menjadi sebuah masalah yang banyak dialami sebagian dari kita. Sebab banyak sekali yang menjalankan gaya hidup tidak sehat, termasuk rutin tidur di jam larut. Saat memasuki usia dewasa muda, kemampuan kulit untuk beregenerasi akan menurun seiring waktu.

Sementara di waktu tidur malam yaitu sekitar jam 10 hingga jam 2 dini hari, proses regenerasi kulit terjadi. Untuk itu, bila jadwal tidur di setiap malamnya tidak beraturan, proses tersebut akan berjalan tidak optimal. Menyebabkan munculnya gejala-gejala penuaan dini, khususnya pada kulit, seperti munculnya garis-garis halus, kelembaban kulit yang berkurang, dan banyak lagi.

5. Sulit Berkonsentrasi

Daya konsentrasi pun perlahan akan menurun kemampuannya. Umumnya tubuh yang tidak beristirahat malam akan mengalami perubahan secara signifikan, meski hanya sementara. Salah satunya sulit berkonsentrasi di keesokan hari, serta merasa gugup dan tidak tenang.

6. Naiknya Berat Badan

Jadwal dan kualitas tidur yang buruk menjadi satu faktor naiknya berat badan lho! Contohnya, saat setelah begadang, tubuh akan memberi sinyal agar kita mengonsumsi lebih banyak asupan untuk menggantikan energi yang telah hilang. Belum lagi bila berkaitan dengan mood yang juga jadi lebih mudah turun.

Anda bisa kunjungi SehatQ sebagai portal kesehatan lengkap. Terdapat beragam layanan dan fasilitas yang mempermudah Anda untuk memenuhi kebutuhan di bidang kesehatan, seperti Toko SehatQ yang menyediakan obat-obatan dan beragam perlengkapan kesehatan. Anda pun bisa membuat janji, hingga melakukan obrolan bersama para dokter spesialis di bidangnya lebih praktis.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *