Kenali Gejala Menstruasi dalam Dua Tingkatan Berikut

  • Whatsapp
Kenali-Gejala-Menstruasi-dalam-Dua-Tingkatan-Berikut
Foto dari Canva Pro

Setiap perempuan mengalami berbagai gejala yang berbeda saat menjelang ataupun sedang menstruasi. Gejala menstruasi yang dirasakan bisa tergolong normal, serta bisa tergolong tidak normal, membutuhkan bantuan medis ataupun obat-obatan khusus untuk menghilangkannya. Lalu seperti apa gejala yang normal atau tidak normal tersebut? Berikut ulasannya untuk Anda.

Bagaimana Menstruasi yang Normal?

Menstruasi menjadi kondisi yang rutin dialami perempuan setiap bulannya. Karena kondisi tubuh setiap orang berbeda, maka gejala atau hal yang dirasakan kala menstruasi juga berbagai macam. Bahkan ada juga yang harus bolak-balik ke dokter karena gejalanya termasuk di tingkat yang cukup parah seperti mengalami depresi atau bulimia.

Perbedaan Gejala Menstruasi dari Tingkatannya

Gejala pada menstruasi bisa dibedakan menjadi dua macam yang dilihat dari tingkatannya, meliputi:

Gejala Normal

Gejala yang tergolong normal ini umumnya bisa diatasi tanpa obat atau tanpa tindakan medis, sehingga untuk mengurangi gejalanya, cukup dengan beristirahat dan mengompres bagian-bagian yang terasa nyeri.

  • Nyeri di Bagian Perut / Kram Perut

Bagian perut yang kram ataupun terasa kembung menjadi gejala normal dari menstruasi. Selain didiamkan atau dibiarkan pulih sendirinya, Anda bisa mengompres dengan air hangat, atau konsumsi obat pereda nyeri, contohnya paracetamol.

  • Alami Ketidakstabilan Mood (Mood Swing)

Berikutnya adalah mengalami ketidakstabilan mood atau sering disebut mood swing. Gejala ini sering membuat perasaan tidak nyaman, mudah marah, gelisah, hingga merasa sedih dengan hal-hal sederhana.

  • Mudah Merasa Lelah

Masih tergolong normal yaitu gejala mudah merasa lelah walau tidak melakukan aktivitas yang berat. Gejala ini bisa diatasi dengan perbanyak istirahat dan konsumsi asupan lebih banyak dari biasanya untuk tingkatkan energi.

  • Payudara Terasa Mengencang

Lalu ada juga gejala seperti payudara yang terasa nyeri dan mengencang. Ini pun normal dan wajar dirasakan menjelang menstruasi. Nantinya rasa nyeri tersebut akan menghilang dengan sendirinya.

  • Nafsu Makan Meningkat

Kemudian gejala lainnya adalah meningkatnya nafsu makan yang membuat Anda jadi tidak mampu mengontrol keinginan makan secara tiba-tiba. Biasanya ada juga yang memiliki keinginan tertentu pada menu makanannya, seperti ingin makan yang bercita rasa pedas.

  • Nyeri di Bagian Punggung dan Pinggang

Gejala yang masih normal saat menstruasi yaitu muncul nyeri di bagian punggung dan pinggang. Nyeri ini bisa juga terasa seperti rasa pegal yang sulit hilang seharian. Anda bisa minum obat penghilang nyeri atau konsumsi asupan yang kaya vitamin D dan zinc.

Gejala Tidak Normal

Adapun gejala yang tergolong tidak normal dan membutuhkan bantuan medis ketika menstruasi, seperti berikut ini.

  • Stress Berlebih

Merasakan perasaan stress yang tidak terkendali merupakan gejala yang tidak normal.

  • Nyeri Hebat

Nyeri yang tidak juga reda meski sudah konsumsi obat pereda pun harus segera ditindak dan meminta bantuan dokter ahli.

  • Kehilangan Kesadaran

Kehilangan kesadaran seperti pingsan bisa dialami sebagai salah satu gejala tidak normal. Segera minta bantuan medis untuk mengatasinya.

  • Menstruasi Intensitas Tinggi Hingga Berhari-Hari

Kemudian gejala yang juga tidak normal lain adalah intensitas dan frekuensi menstruasi yang tergolong sangat banyak dan dilalui hingga berhari-hari, memicu rasa lelah dan kehilangan tenaga.

  • Alami Gangguan Bulimia

Gangguan bulimia atau gangguan makan juga bisa dirasakan sebagai gejala tidak normal saat menstruasi.

Masih banyak bentuk gejala menstruasi lainnya yang termasuk pada kedua tingkatan di atas. Jangan ragu untuk pergi ke dokter ketika merasa gejala tidak lagi normal dan membuat Anda terganggu, hingga tidak bisa beraktivitas normal sampai berhari-hari.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *