Trik Jitu Atasi Kondisi Jalanan dengan Gangguan Jarak Pandang

Trik-Jitu-Atasi-Kondisi-Jalanan-dengan-Gangguan-Jarak-Pandang
Foto dari Canva

Bagi Anda yang sedang menyiapkan rencana perjalanan jarak jauh dengan menggunakan mobil pribadi tentu wajib mempertimbangkan segala faktor. Apalagi jika tujuan perjalanan Anda yakni untuk bisa berkumpul dengan sanak saudara di kampung halaman, tentu Anda membutuhkan perlindungan ekstra seperti asuransi agar mudik aman dan nyaman sampai kota tujuan. Tidak asal pilih jenis asuransi, pastikan asuransi yang Anda beli memberikan manfaat tambahan, menyediakan layanan call center 24 jam bahkan di hari libur hingga jaminan klaim yang mudah.

Perlindungan di atas menjadi penting karena tentunya tiap perjalanan selalu menghadirkan risiko. Salah satu risiko dari perjalanan jarak jauh yang bisa Anda temui adalah faktor kelelahan hingga minimnya informasi yang bisa Anda terima terkait dengan kondisi jalanan saat dilewati, terutama di area pedesaan. Beberapa kondisi jalanan yang dimaksud adalah kondisi jalanan berkabut atau berasap sehingga menyebabkan timbulnya gangguan jarak pandang yang membahayakan pengemudi. Untuk mengatasi hal ini, berikut beberapa trik yang bisa Anda terapkan, yuk disimak.

  • Aktifkan fitur lampu kabut

Hal pertama yang harus Anda lakukan saat melewati jalanan berkabut atau berasap adalah segera menyalakan fitur lampu kabut yang ada di mobil Anda. lampu kabut atau yang biasa disebut dengan foglamp ini berfungsi untuk menambah pencahayaan terhadap kondisi jalanan yang ada di depan kendaraan Anda. Tidak hanya itu, dengan penambahan penerangan ini, Anda juga dapat melihat lebih jelas letak kendaraan lain untuk menghindari tabrakan sekaligus memberikan peringatan kepada mobil di belakang Anda

  • Memperlambat laju kendaraan Anda

Berikutnya, segera perlambat laju kendaraan Anda jika melewati jalanan yang penuh dengan kabut atau asap. Jarak pandang yang terbatas membuat Anda tentu kesulitan melihat kondisi jalanan di depan kendaraan, maka dengan memperlambat laju kendaraan setidaknya Anda dapat lebih berhati-hati dan terhindar dari risiko menabrak kendaraan lain.

  • Tidak berhenti di sembarang tempat

Selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah untuk terus berjalan mengendarai mobil, dan jika Anda hendak memberhentikan mobil, pastikan Anda memarkirnya tidak di sembarang tempat. Pasalnya kondisi jalanan yang berkabut berisiko tinggi terhadap diri Anda sendiri dan kendaraan lain. Untuk itu, pastikan Anda berhenti di bahu jalan yang memiliki cukup penerangan, dan matikan semua lampu mobil sehingga kendaraan lain tidak mengira Anda sedang memberikan peringatan atau penunjuk jalan.

  • Fokus selama berkendara

Terus fokus dan waspada selama berkendara merupakan kewajiban yang harus dilakukan setiap pengendara, terlebih saat Anda terjebak pada situasi kondisi jalanan yang berkabut atau berasap. Untuk itu, selama berkendara pada kondisi ini, sebaiknya Anda mematikan radio atau musik serta menurunkan sedikit tinggi jendela mobil. Tujuannya, agar Anda dapat lebih cepat tanggap dalam mendengarkan arahan petugas, atau informasi dari pengendara lainnnya.

Itu dia beberapa cara dalam mengatasi kondisi jalanan yang disertai dengan gangguan jarak pandang. Meski begitu, bagaimanapun kondisinya selalu pastikan Anda mengendarai kendaran dengan cara yang benar dan aman dan utamakan keselamatan selama berkendara baik untuk diri sendiri maupun orang lain, ya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.